PDAM Kabupaten Tegal Terapkan Sistem Informasi Geografis (SIG) dan Pembayaran Online

Di era revolusi industri 4.0 ini, sudah sepantasnya memanfaatkan kemajuan teknologi untuk membantu kerja-kerja kita. Dengan memanfaatkan teknologi tentunya dapat meningkatkan kinerja pelayanan kita kepada pelanggan, sehingga menjadi serba cepat, mudah, murah dan pasti efisien.

Untuk itu, Bupati Tegal, Umi Azizah mengapresiasi atas peluncuran Penerapan Sistem Informasi Geografis (SIG) PDAM dan Pembayaran Rekening Melalui Aplikasi Online PDAM Kabupaten Tegal.

“Pelanggan dapat membayar rekening air secara online, yang bisa dilakukan dimanapun di seluruh wilayah. Tidak harus datang ke kantor PDAM untuk membayar rekening,” kata Umi, di PDAM Slawi, Kamis (27/12/18).

Dengan memanfaatkan layanan ini, Umi berharap SIG dapat terhubung dengan Aplikasi Lapor Bupati yang sudah tersedia di Google Playstore. Selain itu, dengan diresmikannya layanan baru ini dapat membantu mendorong Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk tahun 2019 mendatang.

“Saya menilai kinerja kelembagaan PDAM Kabupaten Tegal terus meningkat dengan indikasi bertambahnya jumlah pelanggan secara signifikan, yang berarti kontribusi terhadap PAD Kabupaten Tegal nantinya juga akan meningkat,” pungkas Umi.

Sementara itu Direktur PDAM Kabupaten Tegal, Brahmono Weko Pujiono menuturkan bahwa saat ini pembayaran tagihan PDAM dapat diakses melalui online.

“Bahkan bisa dilakukan di Bank Jateng, PD. BKK Slawi, PD. BKK Kab. Tegal, PPOB, Tokopedia, Alfamart dan Indomaret terdekat tanpa harus datang ke kantor PDAM,” ujar pria lulusan Sarjana Teknik itu.

Dari total 42.636 pelanggan, lanjut Brahmono, lewat aplikasi SIG ini, pihaknya dapat mengetahui secara langsung kondisi pelanggan dari level Desa sampai Kecamatan. “Kami dapat mengetahui permasalahan teknis, keuangan tagihan pelanggan, dan kerusakan fasilitas yang terjadi secara online,” terangnya.

× Layanan Informasi & Pengaduan via WhatsApp