Penyelenggaraan SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum) Regional BREGAS (Brebes, Tegal, Slawi)

Untuk menjadi pengetahuan bersama, bahwa Sistim Penyediaan Air Minum Perpipaan di Wilayah Kabupayen Tegal, yg dikelola PDAM Kab. Tegal merupakan sistim SPAM bersama Regioanal BREGAS. (Brebes, Tegal, Slawi) yaitu satu sistim jaringan air perpipaan yg dipakai bersama-bersama untuk pemenuhan akses air minum air bersih untuk ke tiga wilayah kabupaten/kota tersebut.

Saat ini 80% air yg digunakan untuk pelayanan Masyarakat Kabupaten Tegal di suplay dari sistim tersebut di bawah kendali manajemen PDAB Propinsi Jawa Tengah, karena melibatkan lebih dari satu wilayah administrasi kabupaten/kota maka pengelolaanya dibawah pengendalisn Propinsi, sesuai dengan Peraturan Penyelengaaran Sistim SPAM yg ada dengan prinsip one resourche one management, PDAB bertugas mengoperasionalkan pembagian secara adil merata sesuai aturan dan kesepakatan bersama yang ada.
Pengopersionalan, pemeliharaan dari sistem sumber/sumber air sampai dengan bangunan penampung/reservoir distribusi menjadi kewenangan penuh PDAB.

Salah satu permasalahan terganggunya kontinuitas air yg dikelola PDAM kepada masyarakat pelanggan PDAM adalah jika sistim transmisi tersebut bermasalah , karena berbagai gangguan baik oleh perubahan alam/bencana, kerusakan sarana prasarana teknis perpipaan dan bermacam sebab lain baik faktor alam maupun teknis, karena itu secara otomatis layanan kemasyarakat dari PDAM pasti terganggu/Mati.
Seperti kejadian yg baru beberapa saat ini terjadi.

Strategi percepatan penangan saat ini sudah ada standart operating sistem/SOP minimumnya. Namun kenyataan2 dilapangan terkadang meleset dari prediksi khususnya dari skala kecepatan waktu yg sdh direncanakan. sehingga keterlambatan normalisasi aliran tidak bisa dihindari.

Pada prinsipnya pihak pengelola sudah dan akan selalu mengupayakan semaksimal mungkin untuk percepatan perbaikan normalisasi aliran.

Bagi seluruh masyarakat khususnya pelanggan PDAM Kabupaten Tegal mohon untuk bisa menjadi maklum atas situasi kondisi tersebut, karena terkadang ada hal-hal lain terjadi diluar kendali kita.
Kita tentu semua sepakat sebagai mahluk Tuhan tiada yang sempurna dan penuh keterbatasan.

Dengan bersama-sama dalam do’a dan ikhtiar saling menguati, kita yakin Allah SWT akan selalu memberikan kita jalan yang terbaik.
InshaAllah…

× Layanan Informasi & Pengaduan via WhatsApp